Kecerdasan majemuk
Pengertian kecerdasan majemuk
adalah pendekatan perkembangan dalam belajar yang ditandai anak tumbuh dan
berkembang sebagai suatu keseluruhan, tidak hanya satu dimensi saja yang
berkembang dalam suatu waktutertentu atau sebaliknya tidak semua dimensi
memiliki kecepatan perkembangan yang sama.
Aspek-aspek kecerdasan majemuk
menurut Garnier ada 8 ,yaitu:
1. Kecerdasan
verbal linguistic (verbal linguistic intelligent)
Anak –anak yang
memiliki kemampuan menggunakan kata-kata dan bahasa dalam berbagai bentuk.
2. Kecerdasan
logika matematika (logical mathematical intelligent)
Anak yang memiliki
kemampuan dalam ketajaman melihat pola dan melakukan pendekatan terhadap
situasi secara logis
3. Kecerdasan
visual spasial (visual special intelligent)
Anak yang memiliki
kemampuan memvisualisasikan berbagai hal dan memiliki kelebihan dalam hal
berfikir melalui gambar.
4. Kecerdasan
Gerak Tubuh (bodily kinesthetic intelligent)
Anak yang memiliki
kemampuan koordinasi yang tinggi dalam
gerak tubuh dan senang menyentuh segala sesuatu.
5. Kecerdasan
musical berirama (musical rithmic intelligent)
Anak yang peka
terhadap bunyi-bunyi non verbal dalam lingkungan seperti: irama tinggi rendah
suara, dan pola nada.
6. Kecerdasan
antar diri-intrapersonal (interpersonal intelligent)
Memiliki kepekaan
dan mengerti akan oranglain.
7. Kecerdasan
dalam diri interpersonal (intrapersonal intelligent)
Memiliki kepekaan
akan memiliki perasaan yang paling mendalam dalam diri sendiri, memiliki
kelebihan dan kekurangan di sendiri.
8. Kecerdasan
alam natural (naturalistic intelligent)
Anak akan menjadi
seorang pengamatlingkungan yang baik, menyadari yang terjadi akan perubahan
dalam lingkungan, senang melakukan percobaan ,mengelompokkan benda dan
menyayangi binatang.
Contoh kecerdasan logika matematika
:
Kegiatan : Permainan penambahan dengan berbagai macam benda.
Tujuan : Mengembangkan kemampuan logika matematika
Metode : Demonstrasi
Bahan/alat kancing baju, biji-bijian atau bola kecil,
Langkah-langkah :
1.
Guru menyiapkan semua peralatan yang dibutuhkan
|
2. Anak
anak berjalan membentuk lingkaran dan masing-masing anak membawa bila dengan
jumlah yang berbeda
|
3. Satu
anak berjalan mengelilingi lingkaran sambil mendekati salah satu temanya dan
menggabungkan bola yang dia pegang dengan bola temannya . kemudian kedua anak
menyebutkan jumlah bola yang
digabungkan
|
|||
|
|||||
CONTOH Sains
JUDUL : BAUI DAN SEBUTKAN
Tujuan :
Mengenali sesuatu dengan aroma nya: mencocokan aroma dengan gambar dan
benda
Bahan : 5 buah wadah kecil yang masing-masing dengan
tutup , misalnya bekas wadah obat gosok atau bekas wadah plastic vitamin.
Berbagai
benda/bahan berikut untuk dikenali aromanya:
1. Jahe
2. Bawang merah
3. Daun kemangi
4. jambu
5. Jeruk
Cara :Simpan
obyek yang akan dicium aromanya secukupnya saja ke dalam wadah yang telah
tersedia lalu ditutup rapat.
Langkah-langkah
:
Anak di
tutup matanya menggunakan sapu tangan , membuka tabung dan mencium aroma benda
yag disimpan didalam wadah lalu menutup kembali wadah.
Yakin dengan
aroma yang diciumnya anak disuruh mencari gambar yang sesuai dengan aroma tadi
dan diletakkan di atas wadah yang sesuai .
dan
seterusnya . seluruh benda /bahan yang ada dikenali dengan cara seperti ini.
Diskusi :
Coba pilih
wadah yang berisi buah ?
Bau apa yang
kamu suka dan yang tidak kamu sukai.
terima kasih, sangat bermanfaat
BalasHapusTerimkasih informasinya.. kece
BalasHapus