Rabu, 14 November 2012

Pengertian kecerdasan majemuk (multiple intelegency) adalah pendekatan perkembangan dalam belajar anak


Kecerdasan majemuk
Pengertian kecerdasan majemuk adalah pendekatan perkembangan dalam belajar yang ditandai anak tumbuh dan berkembang sebagai suatu keseluruhan, tidak hanya satu dimensi saja yang berkembang dalam suatu waktutertentu atau sebaliknya tidak semua dimensi memiliki kecepatan perkembangan yang sama.
Aspek-aspek kecerdasan majemuk menurut Garnier ada 8 ,yaitu:
1.       Kecerdasan verbal linguistic (verbal linguistic intelligent)
Anak –anak yang memiliki kemampuan menggunakan kata-kata dan bahasa dalam berbagai bentuk.
2.       Kecerdasan logika matematika (logical mathematical intelligent)
Anak yang memiliki kemampuan dalam ketajaman melihat pola dan melakukan pendekatan terhadap situasi secara logis
3.       Kecerdasan visual spasial (visual special intelligent)
Anak yang memiliki kemampuan memvisualisasikan berbagai hal dan memiliki kelebihan dalam hal berfikir melalui gambar.
4.       Kecerdasan Gerak Tubuh (bodily kinesthetic intelligent)
Anak yang memiliki kemampuan koordinasi  yang tinggi dalam gerak tubuh dan senang menyentuh segala sesuatu.
5.       Kecerdasan musical berirama (musical rithmic intelligent)
Anak yang peka terhadap bunyi-bunyi non verbal dalam lingkungan seperti: irama tinggi rendah suara, dan pola nada.
6.       Kecerdasan antar diri-intrapersonal (interpersonal intelligent)
Memiliki kepekaan dan mengerti akan oranglain.
7.       Kecerdasan dalam diri interpersonal (intrapersonal intelligent)
Memiliki kepekaan akan memiliki perasaan yang paling mendalam dalam diri sendiri, memiliki kelebihan dan kekurangan di sendiri.
8.       Kecerdasan alam natural (naturalistic intelligent)
Anak akan menjadi seorang pengamatlingkungan yang baik, menyadari yang terjadi akan perubahan dalam lingkungan, senang melakukan percobaan ,mengelompokkan benda dan menyayangi binatang.


Contoh kecerdasan logika matematika :
Kegiatan              : Permainan penambahan dengan berbagai macam benda.
Tujuan                   : Mengembangkan kemampuan logika matematika
Metode                               : Demonstrasi
Bahan/alat          kancing baju, biji-bijian atau bola kecil,
Langkah-langkah :

1.    Guru menyiapkan semua peralatan yang dibutuhkan
2.  Anak anak berjalan membentuk lingkaran dan masing-masing anak membawa bila dengan jumlah yang berbeda
3. Satu anak berjalan mengelilingi lingkaran sambil mendekati salah satu temanya dan menggabungkan bola yang dia pegang dengan bola temannya . kemudian kedua anak menyebutkan  jumlah bola yang digabungkan


4. Guru member pujian kepada anak yang dapat menyebutkan hasil penambahan
 



CONTOH  Sains


JUDUL :                                                BAUI DAN SEBUTKAN

Tujuan             :  Mengenali sesuatu dengan aroma nya: mencocokan aroma dengan gambar dan benda
Bahan  : 5 buah wadah kecil yang masing-masing dengan tutup , misalnya bekas wadah obat gosok atau bekas wadah plastic vitamin.
Berbagai benda/bahan berikut untuk dikenali aromanya:
1.      Jahe                      
2.      Bawang merah    
3.      Daun kemangi      
4.      jambu
5.      Jeruk
Cara :Simpan obyek yang akan dicium aromanya secukupnya saja ke dalam wadah yang telah tersedia lalu ditutup rapat.
Langkah-langkah :
Anak di tutup matanya menggunakan sapu tangan , membuka tabung dan mencium aroma benda yag disimpan didalam wadah lalu menutup kembali wadah.
Yakin dengan aroma yang diciumnya anak disuruh mencari gambar yang sesuai dengan aroma tadi dan diletakkan di atas wadah yang sesuai .
dan seterusnya . seluruh benda /bahan yang ada dikenali dengan cara seperti ini.
Diskusi :
Coba pilih wadah yang berisi buah ?
Bau apa yang kamu suka dan yang tidak kamu sukai.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar