TEORI
BELAJAR DI TK
A. PENGERTIAN BELAJAR
Pada dasarnya belajar adalah proses perubahan yang terus menerus terjadi
dalam diri individu yang tidak
ditentukan oleh keturunan, tetapi lebih banyak ditentukan oleh factor dari luar
.
Beberapa cirri belajar :
a. Belajar menyebabkan perubahan pada
aspek-aspek kepribadian yang berfungsi
terus menerus . misalnya belajar membaca
b. Belajar adalah pernuatan yang sadar
oleh karena itu peristiwa belajar selalu
memiliki tujuan.
c. Belajar terjadi melalui pengalaman
yang bersifat individual,
d. Belajar menghasilkan perubahan yang
menyeluruh, melibatkan keseluruhan
tingkah laku.
e. Belajar adalah proses interaksi bukan
sekedar penyerapan yang berlangsungb tanpa usaha yang aktif dari individu yang
belajar.
f.
Perubahab
tingkah laku dari yang sederhana ke yang kompleks.
B. TEORI BELAJAR
a. Teori Thorndike (koneksionisme Bond
Psikology) adalah seorang tokoh pendidikan yang menjadi dasar belajar adalah asosiasi antara kesan
panca indera dengan simpul untuk bertindak.
b. Plavovionisme adalah Clasical
conditioning penelitiannya kepada anjing , tokoh nya plavov teori disebut
reflek bersyarat.
c. Behaviorisme
Pelopornya Watson
teorinya sarbon( stimulus and response Bond Theory0 secara reflek kalau ada
stimulus timbul respon.
Faktor yang mempengaruhi
belajar :
a. Perhatian
b. Penghargaa merupakan motif utama
manusia
c. Kreatif
d. Peralatan yang lengkap
e. Pemecahan masalah
f.
Menemukan
sesuatu
g. Anak yang bekerja dalam kelompok
melatih diri
C. TEORI PENDIDIKAN TK
Tokoh pendidikan TK :
a. JJ Rousseau(1712-1778)
Lahir di jeneva swiss,
tetapi sebagian besar hidupnya ada di perancis. Bukunya yang terkenal adalah
Emile, pandangannya adalah proses pendidikan yang baik dan ideal dilakukan anak
sejak lahir sampai dewassa.
b. Johan Heinrich Pestalozzi (1746-1827)
Lahir di Zurich, swiss.
Bukunya leonard and Gertrude, ia terkenal sebagai penulis dan
pendidik.Pendidikan mengikuti sifat-sifat bawaan anak.Dasar pendidikannya merupakan perpaduan yang serasi antara nature
dan pendidikan praktis,
c. Frederic Wilhelm Froebel(1782-1852)
Lahir di jerman ,
mengabdikan kehidupannya untuk mengembangkan suatu Garden of children atau Kindergarten tahun 1937.
d. Maria Montesorri (1870-1952)
Seorang dokter dan
antropolog italia yang memiliki pemikiran dan berbagai metode pendidikan yang
popular didunia., Ia sangat memperhatikan pendidikan anak yang terbelakang
mental.Sekolah yang didirikan Casa Dei
Bambini atau rumah anak.
Hal-hal yang perlu
diperhatikan dalam membelajarkan anak usia dini :
1. Proses belajar pada kelompokbermain
ditempuk dengan menggunakan pancaindera.
2. Kebiasaan anak adalah suka bertanya .
bentuk pertanyaan anak ada bermacam-macam : bertanya berdasarkan fakta ,
bertanya untuk minta ijin, bertanya dalam satu keputusan.
3. Dalam belajar harus sesuai dengan
tingkat kematangan mental anak. Kematangan tiap anak tidak sama biarpun pada umur yang berbeda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar