Rabu, 14 November 2012

TEORI BELAJAR DI TK,,,Beberapa ciri belajar :


TEORI BELAJAR DI TK

A.      PENGERTIAN BELAJAR
Pada dasarnya belajar adalah proses perubahan yang terus menerus terjadi dalam diri individu  yang tidak ditentukan oleh keturunan, tetapi lebih banyak ditentukan oleh factor dari luar .

Beberapa cirri belajar :
a.      Belajar menyebabkan perubahan pada aspek-aspek kepribadian  yang berfungsi terus menerus . misalnya belajar membaca
b.      Belajar adalah pernuatan yang sadar oleh karena itu  peristiwa belajar selalu memiliki tujuan.
c.       Belajar terjadi melalui pengalaman yang bersifat individual,
d.      Belajar menghasilkan perubahan yang menyeluruh,  melibatkan keseluruhan tingkah laku.
e.      Belajar adalah proses interaksi bukan sekedar penyerapan yang berlangsungb tanpa usaha yang aktif dari individu yang belajar.
f.        Perubahab tingkah laku dari yang sederhana ke yang kompleks.

B.      TEORI BELAJAR
a.      Teori Thorndike (koneksionisme Bond Psikology) adalah seorang tokoh pendidikan yang menjadi  dasar belajar adalah asosiasi antara kesan panca indera dengan simpul untuk bertindak.
b.      Plavovionisme adalah Clasical conditioning penelitiannya kepada anjing , tokoh nya plavov teori disebut reflek bersyarat.
c.       Behaviorisme
Pelopornya Watson teorinya sarbon( stimulus and response Bond Theory0 secara reflek kalau ada stimulus timbul respon.

Faktor yang mempengaruhi belajar :
a.      Perhatian
b.      Penghargaa merupakan motif utama manusia
c.       Kreatif
d.      Peralatan yang lengkap
e.      Pemecahan masalah
f.        Menemukan sesuatu
g.      Anak yang bekerja dalam kelompok melatih diri

C.      TEORI PENDIDIKAN TK

Tokoh pendidikan TK :
a.      JJ Rousseau(1712-1778)
Lahir di jeneva swiss, tetapi sebagian besar hidupnya ada di perancis. Bukunya yang terkenal adalah Emile, pandangannya adalah proses pendidikan yang baik dan ideal dilakukan anak sejak lahir sampai dewassa.
b.      Johan Heinrich Pestalozzi (1746-1827)
Lahir di Zurich, swiss. Bukunya leonard and Gertrude, ia terkenal sebagai penulis dan pendidik.Pendidikan mengikuti sifat-sifat bawaan anak.Dasar pendidikannya  merupakan perpaduan yang serasi antara nature dan pendidikan praktis,
c.       Frederic Wilhelm Froebel(1782-1852)
Lahir di jerman , mengabdikan kehidupannya untuk mengembangkan suatu Garden of children atau  Kindergarten tahun 1937.
d.      Maria Montesorri (1870-1952)
Seorang dokter dan antropolog italia yang memiliki pemikiran dan berbagai metode pendidikan yang popular didunia., Ia sangat memperhatikan pendidikan anak yang terbelakang mental.Sekolah yang didirikan  Casa Dei Bambini atau rumah anak.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membelajarkan anak usia dini :
1.      Proses belajar pada kelompokbermain ditempuk dengan menggunakan pancaindera.
2.      Kebiasaan anak adalah suka bertanya . bentuk pertanyaan anak ada bermacam-macam : bertanya berdasarkan fakta , bertanya untuk minta ijin, bertanya dalam satu keputusan.
3.      Dalam belajar harus sesuai dengan tingkat kematangan mental anak. Kematangan tiap anak tidak sama  biarpun pada umur yang berbeda.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar