Pendekatan inovatif untuk pengembangan
Nilai-nilai Agama bagi anak taman kanak-kanak
A.
KAJIAN
EMPIRIK
Syarat yang dimiliki guru dalam melaksanakan tiga program yaitu :
-mempelajari berbagai pendekatan yang sesuai dengan tingkat perkembangan
dan kebutuhan anak
-menyiapkan kurikulum yang komprehensif
-adanya kesinambungan antara satu program pengembangan dengan program
lainnya.
-wujud dari penerapan ketiga pertimbangan itu adalah guru dapat
menerapkan pendekatan pembelajaran nilai-nilai agama secara terpadu dalam
penyampaian materi bidang kemampuan dasar umum lainnya.
B. INOVASI PENGEMBANGAN
Pengertian inovasi
-menurut kamus john m Elchols: pembaharuan , perubahan secara baru dalam
penyusunan kurikulum
-menurut M Ansyar et al: gagasan perbuatan atau sesuatu yang baru dalam
konteks social tertentu dan jangka waktu tertentu, untuk menjawab suatu masalah
yang dihadapi.
Adapun yang melatar belakangi esensi inovasi dalam bidang pengembangan
pembelajaran adalah munculnya berbagai kendala dan kelemahan serta kekuranglengkapan
yang ada dilingkungan penyelenggara pendidikan itu sendiri.
B.
SUBSTANSI
INOVASI PENGEMBANGAN NILAI-NILAI AGAMA DITAMAN KANAK-KANAK
Conny R Semiawan (1995), member alternative inovasi dalam rangka
meningkatkan efektifitas kegiatan belajar mengajar bagi peserta didik
diantaranya memperkenalkan 3 hal:
1.
Adanya
kurikulum terpadu (integrated curriculum)
2.
Adanya
pendekatan pembelajaran terpadu (integrated learning)
3.
Adanya
hari terpadu (integrated day)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar