Rabu, 14 November 2012

Pendekatan inovatif KAJIAN EMPIRIK Syarat yang dimiliki guru


Pendekatan inovatif untuk pengembangan
Nilai-nilai Agama bagi anak taman kanak-kanak

A.      KAJIAN EMPIRIK
Syarat yang dimiliki guru dalam melaksanakan tiga program  yaitu :
-mempelajari berbagai pendekatan yang sesuai dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan anak
-menyiapkan kurikulum yang komprehensif
-adanya kesinambungan antara satu program pengembangan dengan program lainnya.
-wujud dari penerapan ketiga pertimbangan itu adalah guru dapat menerapkan pendekatan pembelajaran nilai-nilai agama secara terpadu dalam penyampaian materi bidang kemampuan dasar umum lainnya.
B. INOVASI PENGEMBANGAN
Pengertian inovasi
-menurut kamus john m Elchols: pembaharuan , perubahan secara baru dalam penyusunan kurikulum
-menurut M Ansyar et al: gagasan perbuatan atau sesuatu yang baru dalam konteks social tertentu dan jangka waktu tertentu, untuk menjawab suatu masalah yang dihadapi.
Adapun yang melatar belakangi esensi inovasi dalam bidang pengembangan pembelajaran adalah munculnya berbagai kendala dan kelemahan serta kekuranglengkapan yang ada dilingkungan penyelenggara pendidikan itu sendiri.
B.      SUBSTANSI INOVASI PENGEMBANGAN NILAI-NILAI AGAMA DITAMAN KANAK-KANAK
Conny R Semiawan (1995), member alternative inovasi dalam rangka meningkatkan efektifitas kegiatan belajar mengajar bagi peserta didik diantaranya memperkenalkan 3 hal:
1.      Adanya kurikulum terpadu (integrated curriculum)
2.      Adanya pendekatan pembelajaran terpadu (integrated learning)
3.      Adanya hari terpadu (integrated day)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar