Rabu, 14 November 2012

STRATEGI PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN DI TAMAN KANAK-KANAK


STRATEGI PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN DI TAMAN KANAK-KANAK

Program kegiatan belajar mengajar mengenai nili-nilai agama secara terpadu terdiri dari:
1.      Program kegiatan belajar mengajar dalam rangka pembentukan aklak/perilaku, melalui pembiasaan yang terwujud dalam kegiatan sehari-hari di Tk.
2.      Program kegiatan belajarmengajar dalam rangka pengembangan dasar, melali kegiatan terpadu dan terarah
3.      Pembentukan kepribadian atau perilaku dan pengembangan kemampuan dasar melalui tema-tema dalam garis besar program kegiatan belajar.

A.      STRATEGI PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN
Strategi yang diperlukan melalui program kegiatan :
1.      Kegiatan rutinitas
Yaitu kegiatan sehari-hari yang dilaksanakan secara yerus menerus namun terprogram dengan pasti.
Yang meliputi: member salam , mengucapkan dan menunjukan sikap berdoa dan pembiasaan mengucapkan doa masuk kelas, doa sebelum dan sesudah mengerjakan sesuatudan untuk kegiatan doa harian yang lainnya.
2.      Kegiatan terintegrasi
Yaitu kegiatan pengembangan materi nilai-nilai agama yang disisipkan malalui pengembangan bidang kemampuan dasar lainnya.
3.      Kegiatan khusus
Merupakan program kegiatan belajar yang berisi pengembangan kemampuan dasar nilai-nilai agama yang pelaksanaannya  tidak harus dimasukan atau tidak harus dikaitkan dengan pengembangan bidang kemampuan lainnya.
Misalnya untuk agama islam hafalan hadist, surat pendek ,praktek wudlu atau tayamum dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar