PRINSIP-PRINSIP INOVASI UNTUK
PENGEMBANGAN
NILAI-NILAI AGAMA ANAK TAMAN
KANAK-KANAK
A.
SUBSTANSI
PENGEMBANGAN INOVATIV
Ada beberapa inovasi dalam pendekatan pembelajaran, termasuk dalam
mengembangkan nilai-nilai agama bagi anak TK , Inovasi yang dimaksud adalah :
1.
Pengalaman
belajar
Pengalaman belajar tidak sama dengan
penguasaan materi pelajaran , belajar timbul jika anak terlibat aktif dalam
kegiatan belajar.
2.
Belajar
aktif
Anak perlu diberi peluang dan kesempatan untuk merasakan mnfaat dari
pengalaman belajar.
3.
Belajar
Proses (M Ansyar : 1993)
Kegiatan ini bias ditampilkan ,elalui
ketrampilan proses seperti anak melakukan pengamatan, menghitung,
mengelompokkan dan mengkomunikasikan secara verbal atas apa yang diamati.
B.
ESENSI
PENDEKATAN DAN PENGEMBANGAN KOGNITIF
Peran orangrua dan guru adalah mengupayakan untuk mengembangkan cinta
belajar pada anak, upaya yang dilakukan daam bentuk :
1.
Kasih
saying, perlindungan dan perawatan
2.
Waktu
yang diberikan kepada anak
3.
Lingkungan
belajar yang positif
4.
Belajar
bersikap adalah belajar bernilai
5.
Belajar
moral diusia dini
1.
Prinsip developmentalliy appropriate
practice( DAP)
Kelima upaya diatas didasarkan pada prinsip DAP. DAP adalah pengambilan
keputusan secara professional tentang pengakuan keberadaan anak dan
pendidikannya didasarkan atas pengetahuan tentang perkembangan dan belajar
anak.
Yang perlu kita perhatikan dalam
melakukan pendekatan pembelajaran dalam pengembangan adalah
1.
Sesuai
dengan perkembangan anak
2.
Sesuai
dengan minat
3.
Sesuai
dengan kemampuan anak
4.
Sesuai
dengan kebutuhan anak dengan lingkungannya
2.
Prinsip enjoyable
Yang perlu diperhatikan dalam melakukan inovasi pendekatan dan
pengembangan nilai nilai agama adalah sbb:
1.
Berorientasi
pada kebutuhan anak
2.
Belajar
melalui bermain
3.
Kreatif
inovatif
4.
Lingkungan
kondusif
5.
Menggunakan
pembelajaran terpadu
6.
Mengembangkan
ketrampilan hidup
7.
Menggunakan
berbagai media dan sumber belajar
8.
Pembelajaran
yang berorientasi pada prinsip perkembangan anak
Ciri2 pembelajaran ini adalah :
a.
Anak
belajar sebaik-baiknya dengan rasa aman dan nyaman
b.
Siklus
belajar anak selalu berulang
c.
Anak
belajar mealui interaksi social
d.
Minat
anak dan keinginannya memotivasi belajarnya
e.
Perkembangan
anak dan belajar anak harus memperhatikan perbedaan individual
f.
Anak
belajar dari cara yang sederhana ke yang rumit
9.
Simulasi
terpadu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar