Rabu, 14 November 2012

HAKIKAT PENDIDIKAN Secara fillosofi hakikat pendidikan adalah membentuk pribadi anak


HAKIKAT PENDIDIKAN

Pendidikan pada umumnya adalah bimbingan dan arahaan yang berwujud pengaruhyang diberikan oleh orang dewasa kepada anak didik agar menjadi dewasa pikiran, perasaan, kemauan , umur, tingkah laku , sikap dan kepribadian atau dewasa dalam cipta , rasa dan karsa.

A.      Hakikat Pendidikan

 Secara fillosofi hakikat pendidikan adalah membentuk pribadi anaj menjadi dewasa yang berdiri sendiri dan tidak tergantung oleh orang lain.Pendidikan dimulai dengan kebiasaan, pada umumnya anak dapat dididik pada usia3-4 tahun, saat dimulainya pendidikan disebut batas awal/bawah dan batas akhir/atas  adalah ketika anak sudah dewasa + usia 24-30 th.

Terdapat 5 komponen pendidikan :
1.      Pendidik
Orang dewasa yang mampu mendidik anak
2.      Peserta didik
Anak yang akan dewasa yang akaan dididik agar menjadi orang dewasa yang mampu berdiri sendiri, tidak tergantung pada orang lain.
3.      Tujuan pendidikan
Kemampuan yang diharapkan dibentuk melalui kegiatan belajar
4.      Lingkungan
Tempat terjadinya pendidikan , yang dibagi menjadi 3 :
a.      Keluarga
Merupakan lembaga pendidikan yang pertama dan utama dalam masyarakat karena           dalam keluarga manusia dilahirkan dan berkembang hingga dewasa.
b.      Sekolah
Tugas dan tanggungjawab sekolah mengusahakan kecerdasan pikiran dan pemberian perbagai ilmu pengetahuan.
c.       Pendidikan masyarakat
5.      Alat pendidikan
Dalam GBHN tahun 1978 menyatakan bahwa pendidikan berlangsung seumur hidup dan dan dilaksanakan didalam lingkungan rumah tangga , sekolah dan masyarakat.

Disamping pendidikan berlangsung seumur hidup  pendidikan juga berlaku untuk siapa saja (education for all) yang artinya pendidikan wajib dinikmati oleh semua orang dengan tidak membedakan bangsa , suku bangsa, warna kulit, agama, status ekonomi kelurga, bahasa dan umur.  Yang sesuai dengan bunyi pasal 31 UUD 1945 yaitu tiap warga Negara brhak mendapatkan pengajaran.

B.      HAKIKAT MANUSIA
Hakikat manusia  yang berkaitan dengan pendidikan :
a.      Makhluk individu
Manusia seagai makluk individu  mempunyai kepribadian sendiri.
b.      Makhluk Sosial
Manusia yang harus hidup bersama tidak mungkin hidup sendiri.
c.       Makluk kesatuan psikofisik
Manusia yang sangat dipengaruhi fisiknya antara jiwa dan raga.
d.      Makhluk bermoral
Hakikat manusia itu mempunyai moral namun tinggi rendahnya itu tidak sama tergantung adanya pengaruh dari luar.
e.      Makluk religius
Manusia mengakui adanya Tuhan yang Maha Esa.
f.        Makluk Berfikir
Manusia yang diberi akal dan fikiran
g.      Makluk terampil
Manusia mempunyai ketrampilan untuk kelangsungan hidupnya.

Guru harus memandan g anak didik sebagai subyek pendidikan yang mempunyai ciri dan karakter sendiri-sendiri.
Anak usia 3-4 tahun biasanya egois dan pemikiran mereka lebih bersifat konkret.
Anak usia 5-6 tahun sudah mulai memahami hubungan logika dan arti yang sebenarnya.

C.      HAKIKAT PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Anak usia dini adalah anak yang berumur 0-6 tahun, sedang usia TK adalah 4-6 tahun.Batasan ini sesuai dengan undang-undang No20 Th 2003 tentang system pendidikan Nasional.
Anak usia Dini mengalami suatu proses perkembanganyang fundamentakl yang artinya pengalaman pada masa usia dini memberikan pengaruh yang membekas dan berjangka  waktu lama  sehingga melandasi proses perkembangan anak selanjutnya.

Menurut NAEYC (National AssosiationFor the Educational of Young Children) menyebutkan bahwa anak program usia dini adalah program pusat atau lembaga lain yang memberikan layanan sejak lahir sampai 8 tahun.

Menurut Undang-Undang No 20 tentang system pendidikan nasional pasal 28 , PAUD diselenggarakan sedbelum anak memasuki tingkat sekolah dasar.
Paud dalam pendidikan formal yaitu TK atau RA . Paud nonformal yaitu KB< TPA yang sederajat. Melalui PAUD fondasi kualitas manusia dapat dibentuk , meliputi moral, kecerdasan,






Tidak ada komentar:

Posting Komentar