Rabu, 14 November 2012

PERENCANAAN PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK


PERENCANAAN PENGEMBANGAN
NILAI-NILAI KEAGAMAAN PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK

Dalam kamus administrasi oleh LiangGie Perencanaan adalah suatu aktivitas yang menggambarkan hal-hal yang harus dikerjakan dan cara mengerjakannya untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan
Beberapa tujuan dari penyusunan perencanaan pengembangan pembelajaran meliputi:
1.      Guru melakukan pembelajaran dengan pendekatan system
2.      Guru dapat menjajagi dan mengontrol seluruh proses belajar yang akan berlagsung
3.      Guru dapat meningkatkan kadar kreativitas anak
4.      Guru dapat menggunakan media pembelajaran integral
5.      Guru dapat menghindarka dari lupa dan kebimbangan selama kbm berlangsung
6.      Anak didik dapat dipersiapkan terlebih dahulu untuk menerima dan mengkaji suatu bahan/materi pembelajaran
7.      Proses kbm akan lebih lancer

A.      SATUAN KEGIATAN MINGGUAN
Langkah –langkah pembuatan perencanaan SKM :
1.      Pelajari program satu semester yang ada dalam GGBPKB
2.      Hitunglah tanda check list  yang ada pada setiap kemampuan dasar anak.
3.      Bagilah kemampuan yang diharapkan sesuai dengan jumlah pecan yang adapada setiap tema
4.      Mendistribusikankemampuan yang harus dikuasai anak dalam satu pecan untuk setiap subtema
5.      Menuliskan nomor kode masing-masing kemampuan yang ada dalam garis besar program kegiatan belajar anak.
6.      Memilih dan menentukan kegiatan berdasarkan kemampuan yang ingin dicapai
7.      Menuliskan seluruh subtema yang dibicarakan secara ringkas.
B.      SATUAN KEGITAN HARIAN
SKH adalah rancangan kegiatan untuk satu hari yang merupakan penjabaran dari SKM.
Pada SKH pelaksanaan bersifat kelompok individual dan klasikal.
Perencanaan SKH ini tdd kegiatan pembukaan, kegiatan inti , kegiatan makan/istirahat,
Dan kegiatan penutup.
1.      Kegiatan pembukaan
Kegiatan untuk pemanasan dan bersifat klasikal.
Kegiatan yang dapat dilakukan adalah
a.      Berbaris
b.      Mengucap ikrar doa dan salam
c.       Melakukan kegiatan rutin ( berdoa , mengecek kehadiran menanyakan tgl )
d.      Mendiskusikan tema dan subtema yang akan disampaikan
e.      Melaksanakan kegiatan klasikal merupakan kegiatan pengantar dari pengembangan kemampuan dasar
2.      Kegiatan inti
Pusat dari keaktifan dan kreativitas anak, waktu pengembangan dan kemampuan SE anak.
Kegiatan inti meliputi:
a.      Kegiatan mengacu pada pendalaman kemampuan dasar
b.      Kegiatan bermain yang memberikan kesempatan kepada anak untuk ekplorasi dan bereksperimen.
c.       Kegiatan untuk meningkatkan pengertian dan konsentrasi anak
d.      Kegiatan yang memberikan kebebasab terprogram
e.      Kegiatan yang dapatmemantau dan mengembangklan kebiasaan bekerja dengan baik
f.        Kegiatan menyampaikan nilai-ilai agama yang diintegrasikan saat guru menjelaskan kemampuan lainnya
3.      Kegiatan istirahat atau makan
Dipakai untuk mengisi kemampuan yang berkaitan dengan kegiatan makan.
4.      Kegiatan penutup
Kegiatan klasikal yang meliputi :
a.      Melakukan kegiatan pengulangan yang telah diajarkan sebelumnya.
b.      Melakukan diskusi atau tanyajawab pada kegiatan yang telah dilakukan pada hari itu
c.       Berdoa dan memneri salam
Prinsip-prinsip dasar dalam kajian ilmu pendidikan anak prasekolah dikenal dengan istilah
1.      Pola piker anak bersifat holistic
2.      Perencanaan pembelajaran bersifat terpadu(spiderweb)
3.      Penyajian meteri sesuai dengan tingkat perkembangan anak(developmentally approciattepractice)
4.      Penyampaian materi mengikuti tahapan (spiraling curriculum)
Contoh materi pengembangan nilai agama melalui tema dan subtema dalam SKH
Tema dan subtema
1.      Aku
Sub tema : Aku ciptaan Allah ,Identitas diri sebagai penganut agama, Anggota tubuh, Ciri-ciri tubuh, Kesukaan
2.      Panca indera
Sub tema : Allah menciptakan pancaindera, Fungsi pancaindera, Macam rasa, Macam hasil perabaan, Macam pembauan, Macam-macam suara, Macam penglihatan, Pemeliharaan panca indera, Adab menggunakan pancaindera
3.      Keluargaku
Anggota keluarga,Peran tiap anggota keluarga ,Sehari-hari: shalat berjamaah, berdoa bersama , tolong menolong bersikap baik, Sewaktu-waktu :rekreasi, silaturahmi, Adab dalam keluarga beragama
4.      Rumah
Guna rumah, Ciri orang rumah beragama ,Macam rumah dilihat dari bahannya ,Jenis-jenis rumah, Rumah adat/tradisional ,Tempatberobat, Rumah untuk binatang ,Bagian rumah, Alat-alat rumah tangga, Lingkungan rumah
5.      Sekolah
Guna sekolah, Gedung dan halaman sekolah ,Adab disekolah, Perabot sekolah, Obat-obatan, Perpustakaan, Lingkungan sekolah
6.      Makanan dan minuman
persyaratan makanan minuman, asal dan sumber makanan, manfaat nya, jenisnya, adab makan dan minum, alat makan minum, adab mnyajikan makanan, proses pencernaan makanan
7.      pakaian
syarat pakaian anak, adab berpakaian, jenis pakaian berdasarkan penggunaannya
8.      kebersihan keamanan kesehatan
keutamaan bersih dan sehat, adab memelihara kebersihan, kebersihan dan kesehatan diri , kebersihan dan kesehatan lingkungan, alat kebersihan, adab didapur, cara penegahan bahaya yang disebabkan benda tajam
9.      binatang
tuhan menciptakan binatang, binatang peliharaan, binatang ternak, binatang buas, binatang  yang tidak halal, serangga, ikan, makanan binatang, tempat hidup binatang, ciri-ciri binatang, manfaat binatang, perkembangbiakan binatang
10.  tanaman
tanaman sebagai rizki dari Allah, macam tanaman, adab memelihara tanaman, fungsi tanaman, manfaat tanaman bagi tubuh, bagian tanaman, bahaya tanaman, serbuk bunga , kelopak bunga
11.  kendaraan
fasilitas yang harus disyukuri, macam kendaraan, guna kendaraan, adab naik kendaraan, nama pengendara, tempat pemberhentian, bagian kendaraan
12.  pekerjaan
niat sebelum mulai pekerjaan, macam nya, tugas dari macam pekerjaan,tempat bekerja, alat perlengkapan, rekreasi, mengagumi ciptaan allah, guna rekreasi, persiapan rekreasi, perlengkapan rekreasi, adab rekreasi
13.  air udara api
              allah yangmenciptakan, manfaat, bahaya, adab menggunakan air, asal air, sifat air
14.  negaraku
nama , lambang, bendera, kebangsaan, presiden, ibukota, pahlawan, suku bangsa, lagu wajib, Negara tetangga dll
15.  alat komunikasi
macam nya, gunanya, bentuknya
16.  gejala alam
allah yang menciptakan, macam gejala alam, sebab-sebabnya, adab memelihara lingkungan
17.  matahari, bulan, bintang
yang menciptakan, manfaat, waktu untuk dapat melihat matahari bulan bintang
18.  kehidupan didesa, kota dan pegunungan
allah maha pemberi, keadaan lingkungan, adab bermasyarakat, macam mata pencaharian  
.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar