PERENCANAAN PENGEMBANGAN
NILAI-NILAI KEAGAMAAN PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK
Dalam kamus administrasi oleh LiangGie Perencanaan adalah
suatu aktivitas yang menggambarkan hal-hal yang harus dikerjakan dan cara
mengerjakannya untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan
Beberapa tujuan dari penyusunan perencanaan pengembangan
pembelajaran meliputi:
1.
Guru
melakukan pembelajaran dengan pendekatan system
2.
Guru
dapat menjajagi dan mengontrol seluruh proses belajar yang akan berlagsung
3.
Guru
dapat meningkatkan kadar kreativitas anak
4.
Guru
dapat menggunakan media pembelajaran integral
5.
Guru
dapat menghindarka dari lupa dan kebimbangan selama kbm berlangsung
6.
Anak
didik dapat dipersiapkan terlebih dahulu untuk menerima dan mengkaji suatu
bahan/materi pembelajaran
7.
Proses
kbm akan lebih lancer
A.
SATUAN
KEGIATAN MINGGUAN
Langkah –langkah pembuatan
perencanaan SKM :
1.
Pelajari
program satu semester yang ada dalam GGBPKB
2.
Hitunglah
tanda check list yang ada pada setiap
kemampuan dasar anak.
3.
Bagilah
kemampuan yang diharapkan sesuai dengan jumlah pecan yang adapada setiap tema
4.
Mendistribusikankemampuan
yang harus dikuasai anak dalam satu pecan untuk setiap subtema
5.
Menuliskan
nomor kode masing-masing kemampuan yang ada dalam garis besar program kegiatan
belajar anak.
6.
Memilih
dan menentukan kegiatan berdasarkan kemampuan yang ingin dicapai
7.
Menuliskan
seluruh subtema yang dibicarakan secara ringkas.
B.
SATUAN
KEGITAN HARIAN
SKH adalah rancangan kegiatan untuk
satu hari yang merupakan penjabaran dari SKM.
Pada SKH pelaksanaan bersifat
kelompok individual dan klasikal.
Perencanaan SKH ini tdd kegiatan
pembukaan, kegiatan inti , kegiatan makan/istirahat,
Dan kegiatan penutup.
1.
Kegiatan
pembukaan
Kegiatan
untuk pemanasan dan bersifat klasikal.
Kegiatan
yang dapat dilakukan adalah
a.
Berbaris
b.
Mengucap
ikrar doa dan salam
c.
Melakukan
kegiatan rutin ( berdoa , mengecek kehadiran menanyakan tgl )
d.
Mendiskusikan
tema dan subtema yang akan disampaikan
e.
Melaksanakan
kegiatan klasikal merupakan kegiatan pengantar dari pengembangan kemampuan
dasar
2.
Kegiatan
inti
Pusat
dari keaktifan dan kreativitas anak, waktu pengembangan dan kemampuan SE anak.
Kegiatan
inti meliputi:
a.
Kegiatan
mengacu pada pendalaman kemampuan dasar
b.
Kegiatan
bermain yang memberikan kesempatan kepada anak untuk ekplorasi dan
bereksperimen.
c.
Kegiatan
untuk meningkatkan pengertian dan konsentrasi anak
d.
Kegiatan
yang memberikan kebebasab terprogram
e.
Kegiatan
yang dapatmemantau dan mengembangklan kebiasaan bekerja dengan baik
f.
Kegiatan
menyampaikan nilai-ilai agama yang diintegrasikan saat guru menjelaskan
kemampuan lainnya
3.
Kegiatan
istirahat atau makan
Dipakai
untuk mengisi kemampuan yang berkaitan dengan kegiatan makan.
4.
Kegiatan
penutup
Kegiatan
klasikal yang meliputi :
a.
Melakukan
kegiatan pengulangan yang telah diajarkan sebelumnya.
b.
Melakukan
diskusi atau tanyajawab pada kegiatan yang telah dilakukan pada hari itu
c.
Berdoa
dan memneri salam
Prinsip-prinsip dasar dalam kajian ilmu pendidikan anak
prasekolah dikenal dengan istilah
1.
Pola
piker anak bersifat holistic
2.
Perencanaan
pembelajaran bersifat terpadu(spiderweb)
3.
Penyajian
meteri sesuai dengan tingkat perkembangan anak(developmentally
approciattepractice)
4.
Penyampaian
materi mengikuti tahapan (spiraling curriculum)
Contoh materi pengembangan nilai agama melalui tema dan
subtema dalam SKH
Tema dan subtema
1.
Aku
Sub tema
: Aku ciptaan Allah ,Identitas diri sebagai penganut agama, Anggota tubuh, Ciri-ciri
tubuh, Kesukaan
2.
Panca
indera
Sub tema
: Allah menciptakan pancaindera, Fungsi pancaindera, Macam rasa, Macam hasil
perabaan, Macam pembauan, Macam-macam suara, Macam penglihatan, Pemeliharaan
panca indera, Adab menggunakan pancaindera
3.
Keluargaku
Anggota keluarga,Peran tiap anggota
keluarga ,Sehari-hari: shalat berjamaah, berdoa bersama , tolong menolong
bersikap baik, Sewaktu-waktu :rekreasi, silaturahmi, Adab dalam keluarga beragama
4.
Rumah
Guna
rumah, Ciri orang rumah beragama ,Macam rumah dilihat dari bahannya ,Jenis-jenis
rumah, Rumah adat/tradisional ,Tempatberobat, Rumah untuk binatang ,Bagian
rumah, Alat-alat rumah tangga, Lingkungan rumah
5.
Sekolah
Guna
sekolah, Gedung dan halaman sekolah ,Adab disekolah, Perabot sekolah, Obat-obatan,
Perpustakaan, Lingkungan sekolah
6.
Makanan
dan minuman
persyaratan
makanan minuman, asal dan sumber makanan, manfaat nya, jenisnya, adab makan dan
minum, alat makan minum, adab mnyajikan makanan, proses pencernaan makanan
7.
pakaian
syarat
pakaian anak, adab berpakaian, jenis pakaian berdasarkan penggunaannya
8.
kebersihan
keamanan kesehatan
keutamaan bersih dan sehat, adab
memelihara kebersihan, kebersihan dan kesehatan diri , kebersihan dan kesehatan
lingkungan, alat kebersihan, adab didapur, cara penegahan bahaya yang
disebabkan benda tajam
9.
binatang
tuhan
menciptakan binatang, binatang peliharaan, binatang ternak, binatang buas, binatang yang tidak halal, serangga, ikan, makanan
binatang, tempat hidup binatang, ciri-ciri binatang, manfaat binatang, perkembangbiakan
binatang
10. tanaman
tanaman
sebagai rizki dari Allah, macam tanaman, adab memelihara tanaman, fungsi
tanaman, manfaat tanaman bagi tubuh, bagian tanaman, bahaya tanaman, serbuk
bunga , kelopak bunga
11. kendaraan
fasilitas
yang harus disyukuri, macam kendaraan, guna kendaraan, adab naik kendaraan, nama
pengendara, tempat pemberhentian, bagian kendaraan
12. pekerjaan
niat
sebelum mulai pekerjaan, macam nya, tugas dari macam pekerjaan,tempat bekerja, alat
perlengkapan, rekreasi, mengagumi ciptaan allah, guna rekreasi, persiapan
rekreasi, perlengkapan rekreasi, adab rekreasi
13. air udara api
allah
yangmenciptakan, manfaat, bahaya, adab menggunakan air, asal air, sifat air
14. negaraku
nama , lambang, bendera, kebangsaan,
presiden, ibukota, pahlawan, suku bangsa, lagu wajib, Negara tetangga dll
15. alat komunikasi
macam nya, gunanya, bentuknya
16. gejala alam
allah yang menciptakan, macam gejala
alam, sebab-sebabnya, adab memelihara lingkungan
17. matahari, bulan, bintang
yang menciptakan, manfaat, waktu
untuk dapat melihat matahari bulan bintang
18. kehidupan didesa, kota dan pegunungan
allah maha pemberi, keadaan
lingkungan, adab bermasyarakat, macam mata pencaharian
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar