Rabu, 14 November 2012

TUJUAN DAN IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN VYGOTSKY


TUJUAN DAN IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN VYGOTSKY

Berbagai aktifitas dalam semua konteks memerlukan perkembangan termasuk:
1.      Aktivitas yangmenggunakan otot besar atau kasar
 ( berlari, menendang , mengangkat dll)
2.      Kecerdasan matematika
(kemampuan mengenal menyebut dan menjumlahkan angka-angka)
3.      Permainan drama atau interaksi social
Memerankan tokoh ibu dll
4.      Waktu berkumpul atau pertemuan kelompok
Membentuk istana pasir dalam sekelompok anak dsb
Vigotski menggunakan konsep aktivitas terprogram utuk menentukan model interaksi anak-anak dengan lingkungan social yang mendasari pemenuhan kebutuhan perkembangan .
Aktivitas terprogram merupakan model interaksi yang akan :
1.      Menghasilkan pemenuhan kebutuhan utama perkembangan
2.      Memberikan dasar untuk aktivitas lainnya
3.      Mendorong terciptaya proses mental baru dan penataan secara lebih matang.
Aktivitas terprogram merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengoptimalkan perkembangan anak.aktivitas terprogram lebih menguntungkan dibanding zpd.

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN VYGOTSKY
Blokbuilding
Adalah beberapa aktivitas yang dirancang guru dalam ruangan kelas
Tujuan bangunan balok membimbing pengaturan dan pengendalian diri perencanaan dan koordinasi berbagai peranan pada anak-anak prasekolah.
a.      Menyatukan sebuah rencana
b.      Mendorong anak bekerja dalam sebuah struktur bersama
c.       Pemetaan (mapping)
Menunjukan kemampuan berfikir simbolik mengembangkan kemampuan bahasa anak
d.      Penyusunan pola (making pattern)
e.      Permainan dramatic (dramatic play)
Kegiatan mengungkapkan seluruh fungsimental tinggi pengendalian diri dan berbagai fungsi simbolik
f.        Menyampaikan cerita (story telling)
Mengembangkan bahasa dan kreativitasnya.
g.      Penulisan jurnal(journal writing)
Mempunyai banyak makna dalam menbantu anak menguasai pembicaraan secara tertulis dan belajar ketrampilan pemahaman seperti bunyi koresponden surat.
h.      Kemahiran berbahasa
1.      Sumber berfikir dan bahasa
2.      Arti kata dan bentuk konsep
3.      Vygotskys social contructivism
Kemampuan kognitif dan pola pikir bukanlah dasar yang ditentukan oleh factor bawaan tetapi hasil dari aktivitas lingkungan tempat individu tinggal
4.      Berpikir bahasa dan perkembangan intelektual




Tidak ada komentar:

Posting Komentar