TUJUAN DAN IMPLEMENTASI
MODEL PEMBELAJARAN VYGOTSKY
Berbagai aktifitas dalam semua konteks memerlukan
perkembangan termasuk:
1.
Aktivitas
yangmenggunakan otot besar atau kasar
( berlari, menendang , mengangkat dll)
2.
Kecerdasan
matematika
(kemampuan mengenal menyebut dan
menjumlahkan angka-angka)
3.
Permainan
drama atau interaksi social
Memerankan tokoh ibu dll
4.
Waktu
berkumpul atau pertemuan kelompok
Membentuk istana pasir dalam
sekelompok anak dsb
Vigotski menggunakan konsep aktivitas terprogram utuk
menentukan model interaksi anak-anak dengan lingkungan social yang mendasari
pemenuhan kebutuhan perkembangan .
Aktivitas terprogram merupakan model interaksi yang akan :
1.
Menghasilkan
pemenuhan kebutuhan utama perkembangan
2.
Memberikan
dasar untuk aktivitas lainnya
3.
Mendorong
terciptaya proses mental baru dan penataan secara lebih matang.
Aktivitas terprogram merupakan kegiatan yang dilakukan untuk
mengoptimalkan perkembangan anak.aktivitas terprogram lebih menguntungkan
dibanding zpd.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN VYGOTSKY
Blokbuilding
Adalah beberapa aktivitas yang dirancang guru dalam ruangan
kelas
Tujuan bangunan balok membimbing pengaturan dan pengendalian
diri perencanaan dan koordinasi berbagai peranan pada anak-anak prasekolah.
a.
Menyatukan
sebuah rencana
b.
Mendorong
anak bekerja dalam sebuah struktur bersama
c.
Pemetaan
(mapping)
Menunjukan kemampuan berfikir
simbolik mengembangkan kemampuan bahasa anak
d.
Penyusunan
pola (making pattern)
e.
Permainan
dramatic (dramatic play)
Kegiatan mengungkapkan seluruh
fungsimental tinggi pengendalian diri dan berbagai fungsi simbolik
f.
Menyampaikan
cerita (story telling)
Mengembangkan bahasa dan
kreativitasnya.
g.
Penulisan
jurnal(journal writing)
Mempunyai banyak makna dalam menbantu
anak menguasai pembicaraan secara tertulis dan belajar ketrampilan pemahaman
seperti bunyi koresponden surat.
h.
Kemahiran
berbahasa
1. Sumber berfikir dan bahasa
2. Arti kata dan bentuk konsep
3. Vygotskys social contructivism
Kemampuan
kognitif dan pola pikir bukanlah dasar yang ditentukan oleh factor bawaan
tetapi hasil dari aktivitas lingkungan tempat individu tinggal
4. Berpikir bahasa dan perkembangan
intelektual
Tidak ada komentar:
Posting Komentar