Rabu, 14 November 2012

teori MODEL PENDIDIKAN DI TK


MODEL PENDIDIKAN DI TK

Tujuan model pendidikan di tk adalah agar visi dan misi pendidikan yang ingin dicapai dapat terlaksana.

A.      MARTHIN LUTHER (1483-1546)
Menganggap tujuan utama sekolah adalah mengajarkan  agama.

B.      Jean jaques rousseau (1712-1778)
Berpendapat tuhan menciptakan segalanya baik ,adanya campur tangan manusia menjadikannya jahat. Ia menyarankan kembali ke alam dam pendidikan bersifat ilmiah(naturalis), ia berharap dengan sifat ilmiah dapat menghasilkan dan memacu berkembangnya kualitas kebahagiaan, spontanitas dan rasa ingin tahu.

C.      JOHAN HENDRICK PESTALOZZY(1746-1827)
Dasar metodenya merupakan perpaduan yang serasi antara nature dan pendidikan praktis yaitu metode yang mengikuti nature dengan kata lain membimbing anak dengan perlahan dan dengan usaha anak sendiri yang bermula dari sense impression menuju ideabstrak.

D.     FREIDERICH WILHELM FROEBEL (1782-1852)
Menganggap pengenalan diperoleh melalui pengalaman. Kurikulum yang dirancang meliputi pekerjaan atau kegiatan , seni dan keahlian.

E.      KI HAJAR DEWANTARA(1889-1959)
Pandangannya adalah pembentukan  pribadi anak dilakukan oleh dasar (bakat) dan ajar (lingkungan).

F.       MARIA MONTESRRI (1870-1952)
Pandangan nya :
1.      Semua bentuk pendidikan adalah pendidikan diri sendiri, anak memerlukan kegiatan untuk menumbuhkan aktivitas pada anak.
2.      Pendidikan pedosentris
Anak memiliki bawaan , kemampuan dan perkembangan masing-masing.
3.      Masa peka
Pendidikan harus segera memberikan arahan yang berguna bagi anak.
4.      Anak yang memperoleh kebebasab dan selalu dapat berkembang dan tumbuh dengan baik.

G.     PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MODEL WALDORF
Dikembangkan di eropa oleh Rudolf  steiner seorang pendidik, visionary dan ilmuwan besar, tujuannya pengasuhan yang artistic, spiritual dan intelektual,untuk mencapai potensi anak. Rudolf mempercayai pendidikan dalam pemikiran dan jiwa .Anak diajarkan sehingga  mereka menjadi artis, ilmuwan , penulis, tukang kayu, ahli matematika dan sebagainya.

H.     PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MODEL BANK STREET
Bertujuan untuk mengembangkan kepribadian anak secara keseluruhan. Pendidikan ditekankan pada pemberian materi berdasarkan sesuatu yang nyata dan pendidikan yang layak bagi anak prasekolah dan metode pengajarannya yang penuh inspirasi dapat memperkenalkan suatu dimensi baru dan yang menyenangkan dalam pendidikan.

I.        PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MODEL HIGH SCOPE
Berdasarkan ide perkembangan anak piaget, ada 3 cara :
1.      Melalui interaksi, mempelajari sesuatu dari manusia lain
2.      Pengetahuan fisik, mengetahui suatu sifat fisik suatu benda
3.      Logico mathematical, meliputi  pengetahua angka, serial , klasifikasi, waktu , ruang dan konservasi.
Pendidikan ini memandang anak sebagai pelajar aktif yang belajar dari kegiatan yang mereka rencanakan sendiri,laksanakan dan mereka merefleksikan.

J.        MOVING CLASS
Anak selalu dibiasakan untuk bergerak agar berkembang jiwanya, bersosialisasi dengan teman sebaya  , teman sekelasnya dan teman sepermainannya.

K.      INTERAKSIONIS
Anak selalu berhubungan dengan anak yang lain, jangan sampai anak menyendiri tetapi selalu berteman ,, Adanya hubungan ini mempengaruhi perkembangan pancainderanya.

L.       TINGKAH LAKU
Dalam interaksi anak mengetahui berbagai tingkah laku teman-temannya, Wujud kepribadian anak tergambar dalam tingkah lakunya.


     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar