MODEL
PENDIDIKAN DI TK
Tujuan model pendidikan
di tk adalah agar visi dan misi pendidikan yang ingin dicapai dapat terlaksana.
A. MARTHIN LUTHER (1483-1546)
Menganggap tujuan utama
sekolah adalah mengajarkan agama.
B. Jean jaques rousseau (1712-1778)
Berpendapat tuhan
menciptakan segalanya baik ,adanya campur tangan manusia menjadikannya jahat.
Ia menyarankan kembali ke alam dam pendidikan bersifat ilmiah(naturalis), ia
berharap dengan sifat ilmiah dapat menghasilkan dan memacu berkembangnya
kualitas kebahagiaan, spontanitas dan rasa ingin tahu.
C. JOHAN HENDRICK PESTALOZZY(1746-1827)
Dasar metodenya merupakan
perpaduan yang serasi antara nature dan pendidikan praktis yaitu metode yang
mengikuti nature dengan kata lain membimbing anak dengan perlahan dan dengan
usaha anak sendiri yang bermula dari sense impression menuju ideabstrak.
D. FREIDERICH WILHELM FROEBEL
(1782-1852)
Menganggap pengenalan
diperoleh melalui pengalaman. Kurikulum yang dirancang meliputi pekerjaan atau
kegiatan , seni dan keahlian.
E. KI HAJAR DEWANTARA(1889-1959)
Pandangannya adalah
pembentukan pribadi anak dilakukan oleh
dasar (bakat) dan ajar (lingkungan).
F. MARIA MONTESRRI (1870-1952)
Pandangan nya :
1. Semua bentuk pendidikan adalah
pendidikan diri sendiri, anak memerlukan kegiatan untuk menumbuhkan aktivitas
pada anak.
2. Pendidikan pedosentris
Anak memiliki bawaan ,
kemampuan dan perkembangan masing-masing.
3. Masa peka
Pendidikan harus segera
memberikan arahan yang berguna bagi anak.
4. Anak yang memperoleh kebebasab dan
selalu dapat berkembang dan tumbuh dengan baik.
G. PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MODEL
WALDORF
Dikembangkan di eropa
oleh Rudolf steiner seorang pendidik,
visionary dan ilmuwan besar, tujuannya pengasuhan yang artistic, spiritual dan
intelektual,untuk mencapai potensi anak. Rudolf mempercayai pendidikan dalam
pemikiran dan jiwa .Anak diajarkan sehingga
mereka menjadi artis, ilmuwan , penulis, tukang kayu, ahli matematika
dan sebagainya.
H. PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MODEL BANK
STREET
Bertujuan untuk
mengembangkan kepribadian anak secara keseluruhan. Pendidikan ditekankan pada
pemberian materi berdasarkan sesuatu yang nyata dan pendidikan yang layak bagi
anak prasekolah dan metode pengajarannya yang penuh inspirasi dapat
memperkenalkan suatu dimensi baru dan yang menyenangkan dalam pendidikan.
I.
PENDIDIKAN
ANAK USIA DINI MODEL HIGH SCOPE
Berdasarkan ide
perkembangan anak piaget, ada 3 cara :
1. Melalui interaksi, mempelajari
sesuatu dari manusia lain
2. Pengetahuan fisik, mengetahui suatu
sifat fisik suatu benda
3. Logico mathematical, meliputi pengetahua angka, serial , klasifikasi, waktu
, ruang dan konservasi.
Pendidikan ini memandang
anak sebagai pelajar aktif yang belajar dari kegiatan yang mereka rencanakan
sendiri,laksanakan dan mereka merefleksikan.
J.
MOVING
CLASS
Anak selalu dibiasakan
untuk bergerak agar berkembang jiwanya, bersosialisasi dengan teman sebaya , teman sekelasnya dan teman sepermainannya.
K. INTERAKSIONIS
Anak selalu berhubungan
dengan anak yang lain, jangan sampai anak menyendiri tetapi selalu berteman ,,
Adanya hubungan ini mempengaruhi perkembangan pancainderanya.
L. TINGKAH LAKU
Dalam interaksi anak
mengetahui berbagai tingkah laku teman-temannya, Wujud kepribadian anak
tergambar dalam tingkah lakunya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar