PRINSIP DASAR VYGOTSKY TENTANG
PERKEMBANGAN KOGNITIF
Vigotsky adalah psikology dari Rusia teori perkembangannya
disebut teori revolusi sosio kultural.
Vigotsky mengatakan bahwa pikiran seseorang harus dimengerti
dari latar social budaya dan sejarahnya
A PEMAHAMAN VYGOTSKY TENTANG KEGUNAAN ALAT BERFIKIR
1.
memecahkan
masalah
2.
Memudahkan
dalam melakukan tindakan
3.
Memperluas
kemampuan
4.
Melakukan
sesuatu dengan kapasitas alaminya
Teori vygostsy sebenarnya lebih tepat disebut pendekatan ko
konstruktivisme yaitu suatu proses mengkonstruksi pengetahuan baru secara
bersama-sama antara semua pihak yangterlibat didalamya .
Tiga konsep teori vygostky yang membahas tentang perkembangan
kognitif yang sesuai dengan teori revolusi sosio-kultural :
a.
Hukum
genetic tentang perkembangan (Genetic law of development)
Kemampuan seseorang untuk tumbuh dan
berkembang melewati 2 tataran yaitu
tataran social tempat orang-orang
membentuk lingkungan sosialnya( interpsikologis atau intermental)
Tataran psikologis didalam diri orang
yang bersangkutan (intrapsikologis / intramental)
b.
Zona
perkembangan proksimal ( zone of proximaldevelopment)
Perkembangan seseorang dibedakan
menjadi 2 tingkat :
Tingkat perkembangan actual
Tampak pada kemampuan seseorang
menyelesaikan tugas-tugas secara mandiri
Tingkat perkembangan potensial
Kemampuan seseorang untuk menyelesaikan
tugasnya berada dibawah bimbingan orang dewasa atau teman sebaya.
ZPD diartikan sebagai fungsi-fungsi
atau kemampuan yang belum matang yang berada
pada proses pematangan.
Menafsirkan konsep zpd dengan
scaffolding interpretation : zpd sebagai pemecah penyangga dan batu loncatan
untuk mencapai taraf perkembangan yanglebih tinggi.
4 tahapan ZPD dalam perkembangan dan
pembelajaran :
Tahap 1 : tindakan masih dipengaruhi
oranglain
Tahap 2 : tindakan didasarkan
inisiatif sendiri
Tahap 3 : tindakan spontan dan
terinternalisasi
Tahap 4 :tindakan spontan yag berulang-ulang hingga anak berpikir secara
abstrak
c.
Mediasi
Mekanisme hubungan antara pendekatan sosiokultural
dan fungsi mental didasari tema mediasi semiotic artinya tema atau lambang yang terkandung didalamya yang berfungsi
sebagai penghubung antara rasionalitas sosiokultural dengan individu sebagai
berlangsungnya proses mental.
Beberapa hal yang diperlukan dalam proses pembelajaran :
1.
Anak
memperoleh kesempatan yang luas untuk mengembangkan ZPDnya
2.
Pembelajaran
lebih dikaitkan dengan perkembangan potensialnya.
3.
Pembelajaran
diarahkan pada penggunaan strategi untuk mengembangkan kemampuan intramentalnya
4.
Anak
diberi kesempatan untuk mengintegrasikan pengetahuan deklaratifnya untuk
memecahkan masalah
5.
Proses
belajar lebih merupakan kokonstruksi
B PRINSIP DASAR VYGOTSKY
Prinsip dasar vygotsky :
1.
Anak
membangun berbagai pengetahuan
2.
Perkembangan
kognitif tidak dapat dipisahkan dari konteks social
Tingkatan dari konteks social :
1. Tingkatan interaksi perantara dimana
anak melakukan interaksi pada saat tertentu
2. Tingkatan structural yang mencangkup struktur
social seperti keluarga dan sekolah
3. Tingkatan social dan budaya secara umum
mencakup masyarakat seperti bahasa, system numeric dan penggunaan tehnologi
Dimensi kesadaran social bersifat
primer sedang dimensi individualnya bersifat derivative atau
turunan dan sekunder yang artinya pengetahuan dan perkembangan kognitif
individu berasaldari sumber-sumber sosialdiluar dirinya.
Pendekatan kokontruktivisme artinya perkembangan kognitif
seseorang disamping ditentukan oleh individu sendiri secara aktif juga oleh
lingkungan social yang aktif pula.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar