Rabu, 14 November 2012

PRINSIP DASAR VYGOTSKY TENTANG PERKEMBANGAN KOGNITIF


PRINSIP DASAR VYGOTSKY TENTANG PERKEMBANGAN KOGNITIF

Vigotsky adalah psikology dari Rusia teori perkembangannya disebut teori revolusi sosio kultural.
Vigotsky mengatakan bahwa pikiran seseorang harus dimengerti dari latar social budaya dan sejarahnya
A PEMAHAMAN VYGOTSKY TENTANG KEGUNAAN ALAT BERFIKIR
1.      memecahkan masalah
2.      Memudahkan dalam melakukan tindakan
3.      Memperluas kemampuan
4.      Melakukan sesuatu dengan kapasitas alaminya
Teori vygostsy sebenarnya lebih tepat disebut pendekatan ko konstruktivisme yaitu suatu proses mengkonstruksi pengetahuan baru secara bersama-sama antara semua pihak yangterlibat didalamya .
Tiga konsep teori vygostky yang membahas tentang perkembangan kognitif yang sesuai dengan teori revolusi sosio-kultural :
a.      Hukum genetic tentang perkembangan (Genetic law of development)
Kemampuan seseorang untuk tumbuh dan berkembang melewati 2 tataran yaitu
tataran social tempat orang-orang membentuk lingkungan sosialnya( interpsikologis atau intermental)
Tataran psikologis didalam diri orang yang bersangkutan (intrapsikologis / intramental)
b.      Zona perkembangan proksimal ( zone of proximaldevelopment)
Perkembangan seseorang dibedakan menjadi 2 tingkat :
Tingkat perkembangan actual
Tampak pada kemampuan seseorang menyelesaikan tugas-tugas secara mandiri
Tingkat perkembangan potensial
Kemampuan seseorang untuk menyelesaikan tugasnya berada dibawah bimbingan orang dewasa atau teman sebaya.
ZPD diartikan sebagai fungsi-fungsi atau kemampuan yang belum matang yang berada  pada proses pematangan.
Menafsirkan konsep zpd dengan scaffolding interpretation : zpd sebagai pemecah penyangga dan batu loncatan untuk mencapai taraf perkembangan yanglebih tinggi.
4 tahapan ZPD dalam perkembangan dan pembelajaran :
Tahap 1 : tindakan masih dipengaruhi oranglain
Tahap 2 : tindakan didasarkan inisiatif sendiri
Tahap 3 : tindakan spontan dan terinternalisasi
Tahap 4 :tindakan spontan yag  berulang-ulang hingga anak berpikir secara abstrak
c.       Mediasi
Mekanisme hubungan antara pendekatan sosiokultural dan fungsi mental didasari tema mediasi semiotic artinya tema atau lambang  yang terkandung didalamya yang berfungsi sebagai penghubung antara rasionalitas sosiokultural dengan individu sebagai berlangsungnya proses mental.
Beberapa hal yang diperlukan dalam proses pembelajaran :
1.      Anak memperoleh kesempatan yang luas untuk mengembangkan ZPDnya
2.      Pembelajaran lebih dikaitkan dengan perkembangan potensialnya.
3.      Pembelajaran diarahkan pada penggunaan strategi untuk mengembangkan kemampuan intramentalnya
4.      Anak diberi kesempatan untuk mengintegrasikan pengetahuan deklaratifnya untuk memecahkan masalah
5.      Proses belajar lebih merupakan kokonstruksi
B PRINSIP DASAR VYGOTSKY
Prinsip dasar vygotsky :
1.      Anak membangun berbagai pengetahuan
2.      Perkembangan kognitif tidak dapat dipisahkan dari konteks social
Tingkatan dari konteks social :
1.      Tingkatan interaksi perantara dimana anak melakukan interaksi pada saat tertentu
2.      Tingkatan structural yang mencangkup struktur social seperti keluarga dan sekolah
3.      Tingkatan social dan budaya secara umum mencakup masyarakat seperti bahasa, system numeric dan penggunaan tehnologi
Dimensi kesadaran social bersifat
primer sedang dimensi individualnya bersifat derivative atau turunan dan sekunder yang artinya pengetahuan dan perkembangan kognitif individu berasaldari sumber-sumber sosialdiluar dirinya.
Pendekatan kokontruktivisme artinya perkembangan kognitif seseorang disamping ditentukan oleh individu sendiri secara aktif juga oleh lingkungan social yang aktif pula.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar